022-87500496

info@dataquest.co.id

0821-2093-3939

Blog

Menyambut Hari Kartini 2020, Vcon Dataquest dan Ingenio Belajar Online mengadakan webinar bersama Prof.Dr.Hj.Sedarmayanti M.Pd.Apu dan Anggarelia Merdyanti,S.Si.

Saat ini kita sedang menghadapi distrupsi bersama sebagai akibat munculnya Covid-19. Distrupsi tersebut menimbulkan situasi darurat dengan berbagai macam tantangan dan ketidakpastian.

Pada masa darurat tersebut, segala aktivitas di Indonesia dilakukan dari rumah atau secara online.  Maka dari itu Platform Video Conference menjadi sangat populer karena dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Untuk menunjang segala aktivitas mulai dari belajar, bekerja, mengadakan pertemuan, dan mengadakan sebuah acara.

Begitupun dengan Webinar yang diadakan pada tanggal 21 April 2020 menyambut hari Kartini yang bertema “Dengan semangat Kartini, kita lebih produktif berkarya dari rumah, Dalam rangka tanggap darurat Covid-19” memanfaatkan teknologi Video Conference.

Dengan keterbatasan yang ada tidak menyurutkan semangat perempuan Indonesia untuk saling menebar energi positif dalam menghadapi musibah yang ada pada saat ini.

Dengan berbagai macam  Platform Video Conference yang ada sekarang, Webinar ini menggunakan Vcon Meeting Online dari Dataquest.

Kegiatan ini diharapkan menjadi momentum untuk membangkitkan semangat para perempuan Indonesia untuk terus berpartisipasi dan berusaha menjadi yang terbaik dengan berupaya lebih produktif berkarya dari rumah melalui figur Raden Ajeng Kartini.

Seperti yang disampaikan oleh Prof.Dr.Hj.Sedarmayanti M.Pd.Apu bahwa “Perempuan memiliki andil besar dalam memajukan bangsa dan perempuan memiliki kemampuan serta kapasitas yang luar biasa dalam membentuk karakter bangsa.

Dengan jasa Kartini, kita dapat melihat perempuan-perempuan Indonesia hebat disamping tugasnya sebagai ibu rumah tangga serta mampu memberi warna dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dalam berbagai bidang kegiatan”.

Semangat juang Kartini harus diteruskan oleh para perempuan masa kini dengan belajar, bekerja, dan berkarya walau sedang di rumah saja. Pandemi Covid-19 bukan penghalang untuk tetap berkarya karena para perempuan di Indonesia pasti bisa.

Hal tersebut sesuai dengan yang dilontarkan oleh Anggarelia Merdyanti,S.Si seorang penggiat lingkungan.

Beliau menyampaikan bahwa “Ditengah kesulitan menyadarkan kita bahwa bekerja, berkarya, dan mendidik anak bukanlah suatu hal yang terpisahkan. Terkesan harus ada yang dikorbankan tetapi seharusnya kegiatan tersebut harus berjalan selaras dan harmoni”.

Yang menarik, Pada Webinar ini terlihat para pembicara Prof.Dr.Hj.Sedarmayanti M.Pd.Apu. & Anggarelia Merdyanti, S.Si tampak menggunakan kebaya dari Visual Video Conference untuk menyambut Hari Kartini dan tetap menjaga semangat Kartini masa kini.

Jumlah peserta sekitar dua puluhan online dalam waktu yang telah disepakati. Mereka belajar bersama dari rumah masing-masing.

Pada proses webinar, pembicara membagikan materi presentasi ke Vcon Meeting Online dan tersedia Note Minute of Meeting (MoM) saat kegiatan berlangsung. Para peserta bisa menyimak di layar ponsel atau komputer masing-masing.

Platform ini juga bisa menentukan durasi waktu, sesuai dengan yang ditentukan. Ada juga fasilitas  sharing webcam dan live chat, agar memudahkan para peserta untuk bertanya secara langsung.

Vcon Meeting Online memiliki kelebihan yaitu keleluasaan dalam durasi waktu karena sifatnya yang tidak dibatasi. Jadi bisa digunakan selama apapun waktu yang dibutuhkan.

Maka dari itu materi yang diberikan juga  dapat disampaikan dengan maksimal. Jadi peringatan Hari Kartini ini dapat dimaknai dengan baik karena pemikiran, perjuangan, dan gagasannya masih relevan dengan masa kini bahwa perempuan Indonesia dapat maju dan memiliki cita-cita dengan caranya masing- masing.

Webinar ini pun dilakukan bersama Ingenio Belajar Online dan dapat disaksikan ulang melalui channel youtube milik Ingenio Belajar Online, untuk lebih lengkap mengetahui informasi webinar menyambut hari kartini yang telah diselenggarakan.

Saat ini Vcon Meeting Online dari Dataquest sedang mengadakan promo. Klik disini untuk info lebih lanjut! https://dataquest.co.id/video-conference/.

Jika Anda ingin mengadakan webinar dan ingin bekerja sama atapun ingin mengetahui produk lebih lengkap mengenai Vcon Meeting Online maupun Ingenio Belajar Online bisa diakses di https://dataquest.co.id/konsultansi/.

Implementasi VCon Meeting Online bersama PPSDM Regional Bandung

Selama Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) metode pembelajaran beralih menjadi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan memanfaatkan teknologi yang ada pada saat ini.

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) merupakan alternatif solusi yang diambil oleh pemerintah untuk mengantisipasi penularan Virus Corona (Covid-19)

PT. Dataquest Leverage Indonesia Bersama PPSDM Regional Bandung Pada Tanggal 29 April 2020 melakukan Rapat persiapan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) kegiatan Latsar dan PKP yang di pimpin oleh Plt. Kepala PPSDM Regional Bandung; Bapak Drs. H. Yudia Ramlia, M.Si yang dihadiri oleh para Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas, WI.

Dari pihak kami hadir Bapak Iyan Sofyan selaku Direktur dan Bapak Sobari sebagai Chief Marketing Officer. Rapat ini dilakukan dalam rangka Uji Coba implementasi V-CON Meeting Online dari PT. Dataquest Leverage Indonesia untuk “VCon PPSDM Regional Bandung” dalam mendukung keberlangsungan kegiatan perusahaan maupun untuk Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

MEWUJUDKAN SDM YANG UNGGUL DIPERLUKAN INOVASI DAN KREATIVITAS.

Era globalisasi menuntut adanya sumber daya manusia (SDM) yang kreatif, inovatif serta berdaya saing. Tanpa kreativitas dan inovasi akan berakibat organisasi yang kurang berkembang. Karena untuk dapat menjalankan organisasi dengan baik, maka manusia tersebut haruslah kreatif, inovatif, dan produktif untuk menjadi sumber daya manusia (SDM) yang unggul.

Apalagi pada Era New Normal saat ini, tidak hanya para perusahaan yang mencari jalan keluar agar dapat bertahan di tengah pandemi yang melanda. Para sumber daya manusianya pun diharapkan terus menerus berinovasi dan meningkatkan kemampuan serta pengetahuannya agar menjadi SDM yang unggul mampu menghadapi pada gejolak keadaan yang ada.

Konsep manajemen pengetahuan (knowledge management) adalah sebuah konsep baru di dunia akademik, bisnis, pemerintah, komunitas dan media (penta helix) yang telah diterapkan berbagai perusahaan dan institusi besar di dunia.

Pada prinsipnya, konsep knowledge management bertujuan untuk meningkatkan keuntungan dan manfaat perusahaan serta institusi dengan memperbaiki komunikasi antara seluruh bagian perusahaan dan meningkatkan penguasaan pengetahuan dengan melakukan transfer pengetahuan (knowledge sharing).

Demikian disampaikan praktisi dan pakar manajemen pembelajaran Dr. Djadja Ahmad Sardjana, S.T., M.M dalam perbincangan di Bandung. Pada Sabtu 11 Juli 2020 ini, Ingenio Belajar Online menggelar Webinar dan Bedah Buku bertajuk “Inovasi dan Manajemen Pengetahuan untuk Mewujudkan SDM Unggul di Era New Normal” yang ditulis Prof.Dr.Hj. Sedarmayanti, M.Pd. (Guru Besar Fakultas Ilmu Administrasi Unitomo Surabaya), Dr.Teni Listiani, S.E., M.M. (Dosen Politeknik STIA LAN Bandung), dan Dr.Mulyaningsih, M.Si. (Dosen Universitas Garut).

Selain para pengarang buku hadir juga Prof.Dr.Rully Indrawan, M.Si.( Sekretaris Kementrian Koperasi dan UKM, Ketua PERGUBI Jabar, Guru Besar UNPAS) dan Dr.Bachrul Amiq , S.H., M.H. (Rektor Unitomo Surabaya) sebagai Pembicara Kunci.

Diisi oleh para narasumber yaitu  Assoc. Prof. Dr. Zainal Md ZAN (Dean School of Government, Universiti Utara Malaysia), Dr.Solahuddin Ismail (Research Fellow ILSG-SoG, Universiti Utara Malaysia), Prof.Dr.H. Aminullah Assagaf, S.E., MS., MM., M.Ak (Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unitomo Surabaya), Dr. Amirul Mustofa, M.Si (Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Unitomo Surabaya), dan Dr.Djaja A.Sardjana, S.T., M.M (Chief Learning Officer Dataquest) serta Dr.Meithiana Indrasari, S.T., M.M. (Wakil Rektor IV Unitomo Surabaya) sebagai Moderator.

Sementara itu Prof Sedarmayanti mengungkapkan, buku yang ditulis bersama mitranya diharapkan menjadi rujukan dalam mewujudkan pengembangan SDM yang unggul. “Berbicara mengenai SDM perlu adanya pengembangan karena pada era globalisasi saat ini dituntut untuk menjadi SDM yang berkualitas dan mampu berinovasi, SDM yang mumpuni maka sebuah bangsa bisa menjadi bangsa yang unggul.” Katanya.

Untuk lebih lengkap pemaparan dari masing-masing pembicara. Silahkan klik pada link dibawah ini https://youtu.be/OSvGw9TMklI

Scan the code