Seminar Masa Depan SMK Menyambut Revolusi Industri 4.0 dan Masyarakat 5.0

Seminar Masa Depan SMK Menyambut Revolusi Industri 4.0 dan Masyarakat 5.0

Dr. Djadja Achmad Sardjana, S.T., M.M. selaku CLO PT. Dataquest Leverage Indonesia mengisi seminar “Masa Depan SMK Menyambut Revolusi Industri 4.0 dan Masyarakat 5.0” pada 27 November 2019 yang bertempat di SMKN 1 Losarang.

Seminar ini merupakan bagian dari CSR PT. Dataquest Leverage Indonesia di bidang Pendidikan.

Dengan adanya seminar ini diharapkan dapat membantu seluruh stakeholders baik orangtua, siswa, staf pengajar, pengelola sistem pendidikan dan masyarakat, untuk segera meningkatkan kemampuan dan keterampilan sumberdaya manusia melalui pengembangan kurikulum yang harus dilengkapi dengan kemampuan dalam dimensi akademik, keterampilan tak kasat mata lain seperti keterampilan interpersonal, berfikir global, dan literasi media dan informasi.

WhatsApp Image 2020-01-07 at 10.46.44 (1)

Start Off Fluent In English Workshop

Start Off Fluent In English Workshop

Dalam dunia modern yang penuh dengan tantangan dan persaingan yang super ketat ini, setiap orang disarankan tidak hanya memiliki tingkat pendidikan yang tinggi, namun juga dituntut memiliki keterampilan khusus yang lazim disebut ‘skill’. Salah satu ’skill’ yang paling dibutuhkan saat ini adalah Bahasa Inggris.

Bahasa Inggris merupakan bahasa universal yang digunakan dalam dunia teknologi, pendidikan, politik, perdagangan, dan lain sebagainya.

Bahkan sebagian besar negara-negara di Asia juga menggunakan Bahasa Inggris sebagai ’Medium of Instruction’ ataupun menjadikan Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua sesudah bahasa nasional mereka.

Untuk menjawab kebutuhan akan Bahasa Inggris, Ingenio mempersembahkan Workshop Start Off Fluent in English.

IMG_4159

Workshop ini mengupas tuntas mengenai cara belajar bahasa inggris mulai dari nol bersama Mr. Wahyuda, yang berlangsung pada tanggal 24 Oktober 2019, bertempat di Pusdiklat Kadin Jabar.

Background asal para peserta pun beragam, mulai dari karyawan swasta, mahasiswa bahkan dosen.

Tak sekedar mendengarkan materi, para peserta pun diajak untuk mempraktekannya langsung.

Dengan small class concept, diharapkan proses dan pencapaian pembelajaran semakin baik.

PESANTREN IT : E-LEARNING WORKSHOP “Pembuatan Video Berbasis Augmented Reality”

PESANTREN IT : E-LEARNING WORKSHOP “Pembuatan Video Berbasis Augmented Reality”

Revolusi Industri 4.0 sedang terjadi di Indonesia, serta Society 5.0 tengah dipersiapkan oleh masyarakat Indonesia agar mampu beradaptasi dan bersaing dalam perkembangan revolusi.

Khususnya dalam bidang pendidikan, digitalisasi sangatlah membantu proses pembelajaran.

Namun konten pembelajaran seperti apa yang efektif dan mudah diterapkan?

Untuk menjawab pertanyaan ini,  mempersembahkan Pesantren IT : E-learning Workshop “Pembuatan Video Berbasis Augmented Reality” , pada tanggal 23 Mei 2019 bertempat di Pusdiklat Kadin Jabar.

Bersama :

👨🏻Dr. Djadja Achmad Sardjana, ST., MM.

CLO Dataquest Leverage Indonesia

 

👨🏻 Hasbi Asyadiq

CEO Assmblr Platform

 

👨🏻 Asep Sufyan Tsauri, M.Pd.

Co-Founder Ingenio Belajar Online

 

Workshop ini membahas tuntas digital konten hingga menghasilkan contoh konten pembelajaran yang bisa langsung digunakan dengan menggunakan Augmented Reality (AR). Augmented Reality (AR) dapat didefinisikan sebagai sebuah teknologi yang mampu menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan yang nyata kemudian memunculkannya atau memproyeksikannya secara real time.

IMG_8455

Setelah workshop selesai, diharapkan para peserta dapat mengimplementasikan penggunaan Augmented Reality di institusi masing-masing. Pemanfaatan media pendidikan menggunakan Augmented Reality dapat merangsang pola pikir peserta didik dalam berpikiran kritis terhadap sesuatu masalah dan kejadian yang ada pada keseharian.

 

 

Seminar Kesiapan Sekolah Menghadapi Industri IT

Seminar Kesiapan Sekolah Menghadapi Industri IT

Hadirnya era revolusi industri 4.0 sangat berpengaruh pada bidang pekerjaan yang mayoritas akan dikendalikan oleh kemajuan teknologi. Perubahan tersebut menuntut dunia pendidikan untuk menggeser sistem pendidikannya untuk menghasilkan lulusan dengan keterampilan yang dibutuhkan pada era ini.

Ingenio Belajar Online melaksanakan seminar “Kesiapan Sekolah Menghadapi Industri IT , pada 27 April 2019.

Workshop ini bertujuan membantu seluruh stakeholders baik orangtua, siswa, staf pengajar, pengelola sistem pendidikan dan masyarakat, untuk segera meningkatkan kemampuan dan keterampilan sumberdaya manusia melalui pengembangan kurikulum yang harus dilengkapi dengan kemampuan dalam dimensi akademik, keterampilan tak kasat mata lain seperti keterampilan interpersonal, berfikir global, dan literasi media dan informasi.

IMG_8135

Dalam seminar kali ini, para peserta diajak untuk mengenal Ingenio Belajar Online. Ingenio adalah platform belajar online yang tepat untuk sistem pendidikan di era 4.0 . Ingenio memudahkan para guru serta siswa dalam mengakses e-learning. selain gratis, banyak fitur-fitur yang memudahkan proses pembelajaran bagi guru maupun siswa.

Prodi Pariwisata Berkelanjutan Unpad Gelar Kuliah Umum Menggunakan Sistem Blended Learning

Prodi Pariwisata Berkelanjutan Unpad Gelar Kuliah Umum Menggunakan Sistem Blended Learning

Program studi Pariwisata Berkelanjutan Universitas Padjadjaran menggelar kuliah umum “SEADCORE: Disaster Resiliance and the Value of Local Traditional Culture” yang digelar di kampus Sekolah Pascasarjana Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Rabu (6/2) lalu.

Kuliah umum ini menggunakan system Blended Learning, dimana pembelajaran berlangsung dengan dua cara, yaitu tatap muka (langsung) dan via e-learning Live Unpad yang dibuat oleh PT. Dataquest Leverage Indonesia.

Blended learning diterapkan untuk memberikan fleksibilitas memilih waktu dan tempat dalam mengakses pembelajaran. Mahasiswa tidak perlu mengadakan perjalanan menuju tempat pembelajaran disampaikan.

humas-unpad-2019-02-11-Kuliah-Umum-Pariwisata-Berkelanjutan-2 (1)

Acara ini menghadirkan tiga akademisi, yaitu: Dr. Male Lujan Escalante dari Lancaster University, Dr. Christine Mortimer dari Nottingham Trent Business School, dan Dr. Dicky Muslim selaku dosen dan Ketua Pusat Studi Geologi Lingkungan, Rekayasa, dan Kebencanaan Fakultas Teknik Geologi Unpad.

Ketua program studi Pariwisata Berkelanjutan Unpad Dr. Evi Novianti, M.Si., mengatakan, kuliah umum ini digelar untuk membuka cakrawala mahasiswa maupun masyarakat umum mengenai dunia kepariwisataan.

 

Implementasi Blended Learning dan Pupuk Urban Farming

Implementasi Blended Learning dan Pupuk Urban Farming

 Kuliah Daring

(Implementasi Blended Learning dan Pupuk Urban Farming )

WhatsApp Image 2018-08-09 at 13.16.04

Jum’at(03/08/2018) Guru Madrasah Pangandaran kembali mengadakan seminar dengan tema Kekuatan, Kelemahan, Kesempatan dan Tantangan Yang Dihadapi Kampus Dalam Implementasi Blended Learning dari Aspek People, Process dan Technology  serta Minggu (05/08/02018)  dengan tema Pupuk Urban Farming (tentatif). Secara garis besar aspek yang dibahas adalah perkembangan Teknologi Digital yang semakin berkembang dan marak digunakan oleh masyarakat ataupun lembaga.

WhatsApp Image 2018-08-05 at 11.10.40        WhatsApp Image 2018-08-09 at 13.16.04 (1)

Khususnya lembaga pendidikan yang sangat ditungtut dalam memajukan kecerdasan bangsa, harus memiliki kemampuan mengolah cara belajar yang baik dan dapat dicerna dengan mudah. Pemanfaatan teknologi menjadi salah satu jalan untuk menjadikan sebuah pembelajaran yang tadinya sederhana dan membosankan. Kini lebih menarik dan mudah untuk dijangkau oleh siapapun dan kapanpun.

Para guru yang menjadi peserta dalam seminar ini diperkenalkan dalam Implementasi Blended Learning. Yang memberikan sebuah pengetahuan baru untuk menunjang cara belajar dan mengajar di era digital ini. Juga pembahasan Urban Farming yang tak kalah menarik dan memberikan motivasi serta inspirasi kepada semua peserta untuk memanfaatkan fasilitas yang banyak dikembangkan teknologi.

Paltform Ingenio sebagai salah satu media yang telah banyak memanfaatkan dan mengembangkan Teknologi Digital. Menjadi media pengolahan ilmu serta pengetahuan yang banyak membagikan kemanfaatan kepada siapapun, kapanpun dan dimanapun Platform serta Aplikasi Ingenio ini diakses.

 

 

Ingenio Sebagai Media Persiapan Revolusi Industri 4.0

Ingenio Sebagai Media Persiapan Revolusi Industri 4.0

Pelatihan Pengembangan Inovasi Guru Pembelajar Menyambut Revolusi Indrustri 4.0 Dengan Pembelajaran Memakai Sistem “Ingenio”

WhatsApp Image 2018-08-05 at 11.10.40

(Ingenio Sebagai Media Persiapan Revolusi Industri 4)Sabtu(04/08/2018) MGMP MTs Pangandaran mengadakan sebuah seminar Pelatihan Pengembangan Inovasi Guru Pembelajar Menyambut Revolusi Indrustri 4.0 Dengan Pembelajaran Memakai Sistem “Ingenio”. Bukan hanya Perguruan Tinggi atau Sekolah Menengah Atas saja yang sudah banyak menggunakan fasilitas belajar bersama Teknologi Digital. Namun tak kalah terpacunya tingkat setara SMP/MTs yang mau dan sudah mulai memanfaatkan Pembelajaran Berbasis Digital dengan menggunakan Platform Edukasi Ingenio.

WhatsApp Image 2018-08-05 at 11.10.37                WhatsApp Image 2018-08-05 at 11.10.39

Sebuah Platform yang menjadi media pembelajaran  online secara efisien dan digunakan para Akademisi, Praktsisi, serta peserta umum lainnya. Pemanfaatan Teknologi yang terus dikembangkan dalam Platform Ingenio ini, mampu mempersiapkan cara belajar dalam Revolusi Industri 4.0.  Sebuah Revolusi yang terus mengembangkan kecanggihan teknologi, dan harus dipersiapkan dengan pengetahuan dan kemampuan tak terbatas oleh setiap individu.

Menjamurnya Platform Belajar Online sekarang ini, dapat menjadi referensi cara belajar yang mudah dan mengefisiensikan waktu dengan baik. Ingenio sebagai Platform Belajar Online terlengkap yang tidak membatasi usia para pengguna yang ingin bergabung untuk mengembangkan minat, bakat serta pengetahuan untuk mempersiapkan Revolusi Industri 4.0.

Teknologi itu bukan hanya dijadikan sebagai alat pengubah, penerjemah, atau sekedar media yang dipandang sebelah mata. tapi jadikan Teknologi sebagai peluang perkembangan diri dan potensi untuk memajukan masa depan dunia yang lebih baik lagi.

Digital Smart School Solusi Siklus Drop and Down

Digital Smart School Solusi Siklus Drop and Down

Workshop Sosialisasi Pengembangan Sekolah Berbasis Digital Smart School Melalui Kegiatan Pelaksanaan Smart School SMA Tahun 2018 Di Jawa Barat

(Digital Smart School Solusi Siklus Drop and Down)

WhatsApp Image 2018-08-02 at 13.04.07

Kamis(02/08/2018), Dinas Pendidikan Jawa Barat mengadakan sebuah Workshop Sosialisasi Pengembangan Sekolah Berbasis Digital Smart School Melalui Kegiatan Pelaksanaan Smart School SMA Tahun 2018. Tingkat SMA merupakan tingkat peralihan masa belajar yang sangat rentan akan siklus drop and down. Bukan hanya para pelajar yang merasakan hal tersebut tetapi para pengajar atau guru yang menduduki posisi tonggak dalam sebuah KBM (Kegiatan Belajar Mengajar). Materi serta sistem belajar yang harus diolah secara menarik, efesien, dan juga mudah dipahami oleh setiap pengajar serta pelajar.

WhatsApp Image 2018-08-02 at 13.04.27

Salah satu narasumber yang berprofesi sebagai Dosen yaitu Dr. Djadja Achmad Sardjana,  bekerjasama dengan Platform Edukasi Ingenio. Membuka jalan mudah untuk mengembangkan Digital Smart School dengan Fasilitas lengkap. Salah satunya kelas Live yang membuat para pengajar atau pelajar tidak terbatas ruangan dan waktu untuk melakukan KBM. Cara membuat serta mendaftar Course atau Kelas Belajar Online Ingenio yang mudah dan dapat diakses oleh siapapun, kapanpun, dan dimanapun.

 

Digital Smart School ini diharapkan dapat menjadi referensi cara belajar dan mengajar yang efisien di era Teknologi yang semakin berkembang. Ditambah dengan fasilitas Paltform Ingenio yang menjadi latar pembelajaran canggih, mampu menjawab kegundahan para pelajar dan pengajar untuk menghadapi siklus drop and down dalam dunia.

Pengajar dan Tonggak Pengajaran Di Era Digital

Pengajar dan Tonggak Pengajaran Di Era Digital

Selasa (24 Juli 2018) Dalam rangka merealisasikan program Balai Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (TIKOMDIK) Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, menyelenggarakan sebuah kegiatan Pengembangan Inovasi Guru Pembelajar bagi Guru SMK (Angkatan 3). Di era teknologi yang semakin canggih ini, bukan hanya kalangan pembisnis saja yang sedang membumingkan keefisienan penggunaan media digital. Namun kalangan akademik juga terpacu untuk mengembangkan ilmu pengetahuan menggunakan media tersebut. Khususnya para guru yang menjadi tonggak ilmu untuk para pelajar, harus bisa memanage serta mengolah pengetahuan dan kemampuannya dengan optimal untuk dapat disalurkan secara maksimal.

 

Di era digital ini semua kalangan guru baik usia muda atau lanjut, dituntut untuk dapat menguasai teknologi dilingkungan akademik. Dengan mulai menjamurnya Platform, aplikasi serta web pembelajaran teknologi dapat memudahkan para pengajar untuk memanage dan mengefisiensikan ilmu dan pengetahuannya untuk dapat dicerna pelajar.

ingenio-disdik-smk2Seperti adanya Platform INGENIO yang memiliki fitur lengkap dibandingkan platform lainnya. Dengan tersedianya fitur Kelas Live untuk melakukan interaksi pembelajaran secara langsung. Video Learning Studio yang berguna untuk membuat konten belajar online secara gratis. Fitur Quiz yang mememudahkan guru atau pengajar agar dapat melihat kemampuan peserta didiknya sekaligus menilai perkembangan dalam pembelajaran yang telah disampaikan. Juga kemudahan setting kelas berbayar jika pengajar ingin mendapatkan penghasilan dari kelas yang dibuat. Serta fitur Android Mobile Apps dan offline mode yang memudahkan pengajar atau pelajar dalam mengakses kelasnya tanpa harus risau dengan keterbatasan PC atau jaringan internet. Jadi, kapanpun dan dimanapun ilmu pengetahuan atau keinginan belajar dapat terealisasikan dengan mudah.

SEMINAR E-LEARNING LAUNCHING INGENIO

SEMINAR E-LEARNING LAUNCHING INGENIO

Seminar e-Learning yang diadakan oleh PT Dataquest Leverage Indonesia Sabtu (21/07/2018) mengundang perhatian masyarakat mulai dari kalangan Corporate, Akademik, ataupun Goverenment ada juga beberapa pelajar yang tertarik untuk menghadirinya. Seminar yang diadakan di Gedung Pusdiklat Kadin Jabar tersebut, sekaligus menjadi acara Launching Platform INGENIO terbaru yang memfasilitasi bagi para pengajar dan praktisi untuk berbagi ilmu pengetahuan. Ataupun peserta pengguna yang ingin belajar ilmu baru dengan praktis dan bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

launching-ingenio-2Platform Ingenio ini juga, memudahkan para pengajar untuk dapat bergabung dan memanfaatkan ilmu pengetahuan yang dimiliki, dengan fasilitas yang tersedia di dalam platform tersebut. Adanya fasilitas kelas live yang berguna untuk interaksi atau diskusi secara langsung. Mudahnya membuat kelas online pribadi yang dapat dipasarkan, dan tersedianya fasilitas pembuatan konten belajar online dengan fitur “Video Learning Studio” secara gratis. Ada juga fitur quiz di kelas belajar online yang membuat pengajar dapat menilai kemampuan dan perkembangan pesertanya. Juga pengaturan kelas berbayar yang disediakan bagi para pengajar yang ingin mendapatkan penghasilan dari kelas yang dibuat.

 

Hai Kamu! iya kamu… Kami membuka kesempatan untuk siapapun menjadi bagian penting dari perkembangan ilmu pengetahuan dan keterampilan di Indonesia. Bagi Kamu yang memiliki pengetahuan dan keterampilan khusus dapat mengajukan diri menjadi instruktur di platform Ingenio. www.ingenio.co.id . Menginspirasi =========== Anda dapat membantu banyak orang dalam menguasai pengetahuan dan keterampilan yang Anda miliki saat ini. Jadilah seorang inspirator bagi ribuan orang di Indonesia. Membangun Komunitas ================== Dengan berbagi pengetahuan dan keterampilan yang Anda miliki, Anda dapat dengan mudah bertemu dengan orang-orang yang memiliki passion dan hobby yang sama sehingga memudahkan Anda membangun komunitas yang berharga. Mendapatkan Penghasilan ==================== Anda dapat membuat sumber pendapatan baru yang tidak terbatas dengan membagikan pengetahuan dan keterampilan di platform ini. Silakan ajukan diri di https://ingenio.co.id/instructor #ingeniobelajaronline #elearning #indonesia

A post shared by Asep Tsauri (@tsauri28) on

Sedangkan dari sudut peserta tak kalah efisien dan mudahnya menggunakan platform ini. Dengan harga yang relatif terjangkau bahkan ada yang gratis kita sudah bisa belajar dengan praktisinya langsung didukung dengan adanya kelas live. Materi pun akan lebih mudah dicerna manakala diskusi antar peserta dan pengajar dapat berjalan kondusif. Fitur quiz juga dapat menjadi acuan bagi para peserta untuk menguji diri dan mengukur kemampuannya. Ditambah dengan fitur Android Mobile Apps serta offline mode yang memudahkan para pengajar dan peseta untuk mengakses kelasnya dimanapun dan kapanpun.

 

Platform INGENIO sendiri diharapkan dapat menjadi media sekaligus awal kunci terbukanya pemikiran masyarakat agar tidak hanya sekedar melek teknologi tapi sadar dan perduli akan pentingnya perkembangan ilmu pengetahuan dan kapasitas diri di era digital ini

logo-dq-001

Copyright © 2020 Dataquest Leverage Indonesia. All Rights Reserved.