ELearning sebagai Tipe Training Alternatif

ELearning sebagai Tipe Training Alternatif

ELearning sebagai Tipe Training Alternatif : Di dalam dunia industri dan organisasi, pelaksanaan training merupakan hal yang mutlak dan wajib dilakukan. Training diperlukan untuk memberikan wawasan, pengetahuan atau keterampilan inti maupun tambahan kepada para anggota industri dan organisasi, sehingga nantinya mereka mampu berkontribusi lebih dan secara tidak langsung akan meningkatkan produktivitas kerja.

Diantara sekian banyak jenis training yang ada, training dalam bentuk elearning atau metode pelatihan dengan menggunakan jaringan internet merupakan salah satu bentuk training yang sedang populer. Minat dan penggunaan elearning terus meningkat beberapa tahun belakangan ini seiring dengan perkembangan tekhnologi dan juga minimnya budget yang tersedia untuk melakukan pelatihan model tatap muka secara langsung.

Penggunaan metode training elearning itu sendiri bisa mengurangi biaya dan waktu yang dihabiskan oleh para trainee dan perusahaan yang mengikutkan karyawan mereka secara signifikan. Tentu saja, manfaat ini bisa didapatkan hanya bila elearning dimanfaatkan secara tepat dan maksimal. Ada beberapa syarat dimana penggunaan elearning merupakan pilihan yang terbaik diantara berbagai jenis training lainnya yaitu:

  • Komunikasi atau interaksi antara trainer dan trainee tidak terlalu diperlukan. Komunikasi atau interaksi antara peserta training dan trainer itu memang menguntungkan, namun dalam beberapa kasus, yang diperlukan oleh para trainee adalah membaca informasi yang tersedia tanpa perlu adanya bimbingan lebih lanjut dari sang trainer
  • Materi yang disediakan dapat dikuasai oleh para trainee dengan sendirinya. Beberapa jenis materi tidak membutuhkan diskusi atau upaya untuk menggali materi tersebut lebih lanjut. Untuk materi-materi seperti ini, metode training elearning adalah solusi yang paling tepat
  • Jenis materi yang akan disampaikan adalah materi yang sama untuk generasi atau angkatan trainee yang berbeda.
  • Tidak adanya waktu khusus untuk mengikuti training. Ada kalanya pelaksaan training merupakan hal yang mendesak dan harus segera dilakukan sementara waktu yang bisa dialokasikan untuk pelaksaan training tidaklah tersedia. Dalam situasi seperti ini, pelaksaan elearning terutam yang elearning berbasis web menjadi solusi, karena para trainee bisa belajar mengenai materi yang ada di waktu luang mereka.

download 5 Langkah Kunci Implementasi Elearning Perusahaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *