4 Tahap Penting Penyusunan Strategi Manajemen dalam Balanced Scorecard

Penyusunan Strategi Manajemen dalam Balanced Scorecard

Konsep BSC merupakan konsep yang memiliki pengaruh yang sangat besar dalam hal penyusunan strategi manajemen di sebuah organisasi atau sebuah perusahaan. Konsep yang dikembangkan oleh Kaplan dan Norton memiliki nilai lebih, dimana konsep ini menyediakan pandangan menyeluruh mengenai berbagai aspek di dalam sebuah perusahaan.

Tidak hanya itu, para manajer juga bisa menggunakan BSC sebagai cara untuk mengembangkan penyusunan strategi manajemen yang bekerja melalui 4 proses atau tahapan penting yaitu:

  •  Menerjemahkan visi menjadi strategi.

Setiap perusahaan atau organisasi pastinya memiliki visi tersendiri. Untuk memudahkan setiap anggota perusahaan untuk bisa mewujudkan visi tersebut, maka perlu ditetapkan tujuan-tujuan yang jelas, yang masing-masing dapat diukur dengan jelas. Tujuan-tujuan ini akan mendorong setiap anggota untuk bekerja menuju arah kesuksesan dalam jangka waktu panjang

  • Komunikasi dan hubungan

Pada tahap ini seorang manajer akan mampu berkomunikasi dengan berbagai pihak baik atasan maupun bawahan. Konsep BSC akan membantu dalam memastikan sang manajer bahwa semua pihak di dalam perusahaan, yang berasal dari departemen dan level yang berbeda memahami dengan jelas strategi jangka panjang yang dipergunakan oleh perusahaan tersebut dan hendaknya semua pihak menyelaraskan langkah mereka dengan strategi tersebut

  • Perencanaan bisnis

Penggunaan konsep BSC akan memudahkan para manajer dan semua pihak yang terlibat dalam pengambilan keputusan untuk bisa melakukan alokasi sumber daya yang tepat dan menentukan prioritas yang perlu didahulukan, dimana hal ini merupakan bagian dari strategi kerja jangka panjang

  • Umpan balik dan pembelajaran

Tahapan ini memberikan kesempatan bagi sebuah perusahaan untuk berkembang dan terus menerus belajar melalui umpan balik atau feedback dari berbagai pihak. Dengan konsep BSC sebagai pusat dari sistem manajemen yang ada, setiap perusahaan akan bisa memonitor hasil jangka pendek yang berhasil diraih berdasasarkan tiga aspek atau tiga perspektif yaitu perspektif pelanggan, proses bisnis internal dan juga perspektif pembelajaran, dimana kemudian bisa dilakukan evaluasi mengenai performa kerja yang ada dan pembaharuan strategi bila diperlukan.

Masing-masing tahapan memiliki peran yang penting terhadap upaya pencapaian tujuan jangka panjang yang ditandai dengan keberhasilan-keberhasilan pada setiap tujuan jangka pendek, demi kesuksesan perusahaan tersebut kini dan nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *