Cara Jitu Meningkatkan Efisiensi dan Inisiatif Manajemen Pengetahuan

Cara Jitu Meningkatkan Efisiensi dan Inisiatif Manajemen Pengetahuan

Isu mengenai manajemen pengetahuan (knowledge management) merupakan salah satu isu yang sangat sering diperdebatkan di kalangan usaha dan industri belakangan ini. Ada begitu banyak cara, metode, dan strategi yang bisa dipergunakan dalam upaya penerapan manajemen pengetahuan. Namun, tidak semua perusahaan mampu memanfaatkan atau mengelola manajemen pengetahuan mereka dengan baik dan sesuai harapan.

Ada beberapa cara sederhana yang bisa ditempuh dalam upaya meningkatkan tingkat efisiensi dan inisiatif manajemen pengetahuan yang dimiliki, yaitu:

  • Melakukan proses perawatan terhadap pengetahuan yang ada
    Pentingnya perawatan terhadap sistem manajemen pengetahuan merupakan hal yang sangat penting, namun pada kenyataannya banyak perusahaan yang tidak melakukan hal ini. Ada beberapa cara mudah untuk bisa melakukan perawatan terhadap sistem manajemen pengetahuan misalnya saja dengan menggunakan software khusus atau bisa juga dengan memperkerjakan seseorang yang khusus melakukan perawatan dalam sistem ini
  • Membuat budget khusus yang dipergunakan untuk melakukan perawatan terhadap sistem manajemen pengetahuan. Hal ini bisa dilakukan untuk memastikan agar sistem manajemen pengetahuan akan tetap terjaga dan memberikan manfaat bukan hanya kepada salah satu bidang saja, namun juga terhadap bidang-bidang lain di perusahaan yang sama.
  • Think out of Box atau berpikir di luar kotak
    Kebanyakan perusahaan berpikir bahwa manajemen pengetahuan hanyalah bermanfaat untuk bidang customer service. Namun sesungguhnya hal ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai bidang lain dalam perusahaan tersebut misalnya saja bidang pemasaran, bidang penjualan, bidang training dan juga bidang pemberdayaan sumber daya manusia.

Hal yang perlu dipahami oleh setiap perusahaan mengenai manajemen pengetahuan adalah bahwa hal tersebut bukanlah sebuah bentuk teknologi semata, namun bisa dikatakan sebagai salah satu kunci untuk mempertahankan keberadaan dan kesuksesan sebuah perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *