STRATEGI IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING

E-learning merupakan ragam metode yang dapat digunakan untuk menyelenggarakan pendidikan yang dikenal dewasa ini. Metode elearning adalah konsep belajar yang menggunakan media elektronik seperti komputer, laptop, tablet dan lainnya. Setiap bahan untuk belajar dapat diberikan melalui e-learning tidak hanya berupa pengetahuan melainkan pengembangan keterampilan yang ditunjukkan dengan fitur multimedia yang interaktif.

Blended Learning secara definisi, metodologi penyampaian pendidikan formal : training ataupun diklat diselenggarakan secara gabungan baik penyampaian bahan ajar serta pengajaran melalui media tatap muka dan juga melalui media online dengan fleksibilitas siswa mengatur gaya belajar, waktu, serta tempat.

Blendedlearning merupakan model penerapan teknologi untuk mendukung proses pembelajaran dalam pendidikan formal dan meningkatkan kapasitas / ruang untuk menyelenggarakan pembelajaran di perusahaan. Tujuan pembelajaran / kompetensi hasil pembelajaran dapat dicapai dengan optimal memanfaatkan model tersebut. Dengan terbatasnya jumlah kelas, jumlah instruktur, tidak menjadi hambatan training tersebut diterapkan.

Model Blended Learning

  • Pra-kelas
    Peserta mengikuti pembelajaran dengan login ke virtual kelas , kemudian membaca materi / bahan ajar kemudian mengikut ujian/tes . Tatap muka dilaksanakan untuk pengayaan sert pendalaman materi setelah peserta mengikuti pembelajaran online.
  • In-kelas
    Pada saat bersamaan peserta mengikuti kelas tatap-muka. Untuk akses bahan pembelajaran (download materi), menguploadkan tugas, berinteraksi dengan trainer/instruktur, serta mengisi kuis / ujian , serta mengisi survey / kuesioner, dilakukan pada aplikasi learning management system secara online.
  • Post-kelas
    Peserta mengikuti kelas tatap-muka , mengikuti proses pembelajaran. Setelah proses tersebut kemudian peserta mengikuti pembelajaran dengan login ke real-time web conference , mendengarkan audio instruktur, atau berinteraksi secara sinkronus menggunakan media online.

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti training ini  peserta dapat:

  1. Mengetahui konsep blendedlearning
  2. Memahami proses perancangan program blendedlearning
  3. Melakukan proses perancangan program
  4. Menerapkan perancangan program blendedlearning dalam lingkungan terbatas

Topik-Topik Materi

  1. Topik 1: Pengenalan Metodologi E-learning dan Blended Learning  
  2. Topik 2: Perancangan Kelas untuk Blended Learning (Instructional Design)
  3. Topik 3: Penerapan Blended Learning untuk Diklat di Korporat
  4. Topik 4: Infrastruktur Teknologi untuk Blended Learning
  5. Topik 5: Menyiapkan dan Membuat Kelas Virtual
  6. Topik 6: Menguploadkan Materi / Bahan Ajar
  7. Topik 7: Asesmen dan Ujian Untuk Evaluasi Belajar
  8. Topik 8: Interaksi Sinkronus dan Asinkronus

Trainer

  1. Djadja A. Sardjana, ST.,MM.
  2. Asep Sufyan Tsauri, S.Pd., M.Pd.

Sasaran Peserta

Program training tepat diikuti oleh tenaga pendidik , profesional, penggiat pemanfaatan teknologi untuk pembelajaran tingkat awal ataupun yang sudah pernah melakukan penyiapan teknologi untuk pembelajaran.

Durasi

2 hari = 8 sesi = 12 jam

Biaya

Rp. 3.500.000,-

*Belum termasuk Hotel & Tranportasi

Fasilitas

  1. Instruktur Profesional & Berpengalaman
  2. Sertifikat
  3. USB Materi
  4. Kit Training (Modul, Booknote, Pulpen)
  5. Foto Bersama
  6. Makan Siang & 2x Coffee Break
  7. PC/orang & Ruang ber AC

Ketentuan Pembayaran

Pembayaran pelatihan dapat dilakukan dengan cara transfer melalui :
Bank Mandiri a.n IDELEARNING No. 130 00 1331794 9

FORM REGISTRASI TRAINING