Aplikasi Pengaduan Masyarakat berbasis Android

BIMTEK IT
Pembuatan Aplikasi Pengaduan Masyarakat berbasis Android

Teknologi Informasi dapat memberikan keuntungan (benefit) pada setiap lini pelayanan berupa Better (lebih baik), Cheaper (lebih murah), Larger (lebih luas) dan Faster (lebih cepat). Dengan kehadiran teknologi informasi setiap kegiatan pelayanan masyarakat dapat dilakukan dengan mudah dan praktis. Apalagi, saat ini hampir setiap individu masyarakat telah memiliki perangkat teknologi informasi yang senantiasa dibawa kemana pun yang bersangkutan beraktifitas, artinya teknologi informasi secara tidak langsung sudah dapat diakses oleh hampir seluruh lapisan masyarakat dan menjadi peluang besar dalam pengembangan layanan masyarakat lebih luas dan efektif.

Pembangunan dan pelayanan publik adalah amanah yang tidak bisa dilepaskan dari pemerintahan daerah. di antara berbagai layanan dasar yang harus disediakan oleh pemerintah daerah diperlukan sistem pengaduan masyarakat untuk menjamin setiap layanan publik yang dilaksanakan tepat sasaran. Sistem pengaduan masyakat diharapkan dapat menampung masukan, kritik, saran dan informasi dari masyarakat sebagai bahan evaluasi dan analisis kinerja menuju pemerintahan yang lebih baik. Namun demikian, sistem pengaduan masyakat saat ini yang berkembang masih terpaku pada sistem pesan singkat (sms) dan aplikasi berbasis web, dimana sebagian besar masyarakat saat ini sudah jarang menggunakan kedua aplikasi layanan tersebut.

Sistem operasi Android yang dikembangkan oleh Google.inc telah mengubah peta persebaran akses teknologi informasi oleh masyarakat, perangkat telepon pintar (smartphone) rata-rata menggunakan sistem operasi ini (mengalahkan sistem operasi lainnya seperti iOS, Windows phone, dll) sehingga dalam menciptakan sebuah aplikasi teknologi berbasis Android adalah pilihan tepat, karena akan menjangkau pengguna lebih banyak dibandingkan dengan sistem operasi lainnya.

 

Tujuan Bimtek

  1. Memahami pentingnya sistem pengaduan masyarakat berbasis mobile
  2. Mengetahui strategi implementasi dalam pengembangan sistem mobile
  3. Menganalisis kebutuhan sistem aplikasi pengaduan masyarakat berbasis Android
  4. Mengembangkan fitur-fitur kunci sistem aplikasi pengaduan masyarakat berbasis Android

 

Materi Pelatihan

  1. Sistem pengaduan masyarakat
  2. Android sebagai sistem operasi perangkat mobile
  3. Strategi implementasi aplikasi mobile di pemerintahan
  4. Analisa kebutuhan sistem aplikasi pengaduan masyarakat berbasis Android
  5. Pengembangan fitur-fitur sistem aplikasi pengaduan masyarakat berbasis Android

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *