Cara Memilih Strategi Manajemen Pengetahuan yang Tepat

Cara Memilih Strategi Manajemen Pengetahuan yang Tepat

Pembahasan mengenai manajemen pengetahuan (management knowledge) pada umumnya melibatkan berbagai strategi atau pendekatan yang berbeda. Beberapa strategi befokus pada penggunaan pengetahuan yang ada sementara strategi yang lain berfokus pada area bisnis yang ada dan ada juga strategi yang lebih berfokus pada hasil akhir yang ingin dicapai.

Hal yang menjadi pertanyaan adalah strategi mana yang paling tepat untuk digunakan? Setiap strategi akan bekerja secara efektif untuk jenis perusahaan yang berbeda. Untuk membantu dalam memilih strategi yang tepat, ada beberapa hal yang bisa menjadi bahan pertimbangan, salah satunya adalah nilai disiplin yang dianut oleh perusahaan tersebut. Nilai disiplin yang berbeda akan bekerja dengan baik pada strategi yang berbeda pula yaitu:

  • Nilai disiplin yang mengutamakan pada keunggulan produk atau jasa yang ditawarkan.
    Perusahaan yang menganut nilai seperti ini sangat membutuhkan strategi yang mendukung nilai kreativitas yang tinggi untuk bisa menciptakan produk baru yang bisa masuk ke dalam pasar. Strategi manajemen pengetahuan yang tepat adalah strategi yang melibatkan banyak orang seperti strategi forum diskusi, kolaborasi, komunitas-komunitas dan strategi lainnya yang sejenis.
  • Nilai disiplin yang berfokus pada kedekatan dengan para pelanggan.
    Perusahaan yang menganut nilai ini perlu mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai para pelanggan mereka dan contoh strategi manajemen pengetahuan yang bisa diterapkan adalah data mining, CRM dan juga strategi bisnis inteligensi
  • Nilai disiplin yang berfokus pada kelancaran proses operasional.
    Perusahaan yang menganut nilai ini selalu berupaya untuk mengatasi berbagai rintangan dalam proses produksi dan juga berupaya untuk mengoptimalkan proses bisnis. Strategi manajemen pengetahuan yang tepat untuk perusahaan yang menganut nilai seperti ini adalah strategi BPR, strategi transfer melalui praktek, strategi proses perbaikan dan beberapa strategi lainnya.

Memahami nilai disiplin yang dianut oleh sebuah perusahaan akan sangat membantu dalam memilih strategi manajemen pengetahuan yang tepat, demi kebaikan perusahaan itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *