Tips Knowledge Management untuk Meningkatkan Service Quality

Tips Knowledge Management untuk Meningkatkan Service Quality

Kualitas pelayanan (Service Quality) yang baik adalah salah satu kunci utama untuk memuaskan para pelanggan. Para pekerja yang bekerja di bidang customer service adalah salah satu tombak utama dalam hal ini. Disinilah pengelolaan manajemen pengetahuan menjadi sangat penting, karena hal ini dapat membantu meningkatkan kualitas pelayanan dan disisi lain juga bisa meningkatkan produktivitas kerja secara keseluruhan.

Knowledge Management untuk Meningkatkan Service Quality

Ada beberapa cara yang bisa ditempuh oleh setiap perusahaan dalam upaya melakukan pengelolaan manajemen pengetahuan yang mereka miliki agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan yaitu:

  • Membuat dokumentasi mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut dan mengumpulkan semua dokumentasi tersebut di dalam satu lokasi yang mudah dijangkau dan mudah diakses oleh semua orang, baik para karyawan dan juga para pelanggan. Hal-hal yang didokumentasikan bisa berupa cara penggunaan produk atau jasa, spesifikasi produk, penyelesaian masalah yang sering muncul dan berbagai hal lainnya.
  • Selalu melakukan up-date terhadap berbagai informasi dan mendokumentasikan informasi tersebut dalam berbagai media mulai dari artikel, foto dan berbagai bentuk lainnya. Hal ini akan sangat membantu terutama dalam proses transisi karyawan baru. Ketersediaan dokumentasi mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan produk atau jasa yang ada akan membantu dalam mengurangi biaya yang harus dikeluarkan untuk melatih karyawan baru
  • Memberikan platform yang memungkinkan para karyawan dan juga para pelanggan untuk memberikan kritik, saran dan masukan. Keberadaan platform seperti ini akan membantu para pemilik perusahaan untuk mengevaluasi mengenai bermanfaat atau tidaknya pengetahuan yang mereka miliki selama ini

Penerapan model manajemen pengetahuan tersebut adalah kunci dalam meningkatkan pelayanan yang bisa diterapkan dalam berbagai bidang usaha dalam berbagai skala baik besar, menengah maupun skala kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *